Bola

Minim Pemain Bintang, Jerman Bisa Bungkam Inggris Lewat Kekompakan

BIMATA.ID, Jakarta- Skuad Timnas Jerman di ajang Euro 2020 tak bertabur bintang. Hanya ada segelintir nama yang punya pengalaman segudang dan teruji kebolehannya seperti Thomas Muller, Matts Hummels, hingga Toni Kroos.

Meski demikian, Der Panzer julukan Timnas Jerman sejauh ini mampu tampil kompetitif. Mereka lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup F yang digadang-gadang sebagai grup neraka.

Dalam tiga matchday di Grup F, Jerman berhasil meraih satu kemenangan atas Portugal, kalah dari Prancis, dan ditahan imbang Hungaria di pertandingan terakhir.

Laju tim juara Piala Dunia 2014 itu memang belum terlihat meyakinkan. Namun Thomas Muller meyakini kolektifitas pasukan Joachim Low bisa membuat Timnas Jerman bisa meraih hasil-hasil positif.

Di babak 16 besar Euro 2020, Timnas Jerman sudah ditunggu juara Grup D, Inggris. Kedua tim akan saling bentrok di Stadion Wembley, London, pada Selasa (29/6/2021) malam WIB.

“Kami hanya bisa sukses jika bermain sebagai tim. Kami tidak memiliki pemain yang mengungguli semua orang di dunia sepakbola. Tetapi kami memiliki banyak pemain yang memahami bahwa mereka dapat memberikan kontribusi penting dalam sebuah tim,” ucap Thomas Muller dikutip dari laman resmi UEFA, Selasa (29/6/2021).

Selain aspek kekompakan, Timnas Jerman juga bisa mengandalkan sejarah jelang menghadapi Inggris. Der Panzar lebih unggul ketimbang Inggris dalam rekor pertemuan di kejuaraan resmi dan kali terakhir mereka kalah dari Tim Tiga Singa di fase gugur turnamen bergengsi internasional adalah pada 1966.

Meski punya rekor pertemuan meyakinkan, pelatih Joachim Low tidak menganggapnya sebagai sebuah keuntungan. Kondisi kedua tim saat ini dianggapnya berbeda, di mana Inggris diisi oleh para bintang muda berbakat.

“Ini akan menjadi pertandingan yang sama sekali berbeda dan kami harus mencari peluang. Inggris berada di kandang dan mereka akan tampil menyerang,” ujar Low.

“Ini akan lebih sulit daripada melawan Hungaria. Tetapi kami harus benar-benar berada di posisi kami sendiri,” pungkasnya.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close