Berita

Menkes Budi Gunadi Sebut Ranjang Isolasi Covid di Jakarta Telah Terisi 90 Persen

BIMATA.ID, Jakarta — Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ranjang isolasi Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta telah terisi nyaris 90 persen. Karena itu, ia mengajak semua pihak bersama-sama mengurangi beban rumah sakit.

Budi menuturkan, pada dasarnya DKI Jakarta memiliki sekitar 37.426 tempat tidur isolasi. Namun demikian dari total itu yang didedikasikan untuk penanganan Covid-19 sebanyak 17.752 tempat tidur. Kemudian nyaris 90 persennya telah terisi.

“Jadi tempat tidur itu adalah tempat tidur untuk isolasi ada 17.752 sekarang. Jumlah ini sudah naik jika dibandingkan awal Mei sebesar sebesar 14.000. Jadi ada kenaikan sebesar 3.200. Dan sampai sekarang sudah terisi sekitar hampir 90 persennya Jadi hampir 90 persen dari 17.000 tempat tidur ini,” kata Budi usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden, Senin (21/06/2021).

Budi mengungkapkan DKI bisa menambah kapasitas tempat tidur isolasi untuk penanganan Covid-19 sehingga bisa menurunkan angka keterisian tempat tidur yang saat ini tengah terjadi.

“Tetapi balik lagi arahan Presiden adalah jelas, yang harus diperkuat adalah sisi hulunya (pencegahan). Bukan di sisi hilirnya (di rumah sakit). Karena kalau masuk di hilir sudah telat,” tutur Budi.

Sebagai informasi, DKI Jakarta beserta sejumlah daerah lainnya mengalami kenaikan kasus positif corona. Rumah sakit dan tempat isolasi dikabarkan sudah penuh oleh pasien.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close