Berita

Kemenkes Menghimbau Masyarakat Gunakan Masker Ganda Antisipasi Penularan Varian Baru Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta — Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menghimbau untuk masyarakat menggunakan masker ganda mengantisipasi risiko penularan sejumlah varian baru SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

“Mengapa masyarakat perlu memakai masker ganda Bila perlu menggunakan masker double karena masker kain saja di bagian kiri-kanannya tuh masih ada yang bolong, jadi semakin sangat memungkinkan untuk terjadi penularan,” katanya, Selasa (29/06/2021).

Menurut Siti Nadia, masker ganda yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, adalah masker medis dan masker kain berlapis tiga bahan.

Tips penggunaannya, kata Siti Nadia, masker medis dipakai di bagian dalam, sementara masker kain melapisi bagian luar diyakini dapat menekan risiko penularan varian virus baru yang dilaporkan lebih cepat menular, salah satunya varian Delta atau B1617.2 asal India yang kini terdeteksi di sejumlah daerah di Indonesia, kata Siti Nadia.

“Laporan dari Australia itu mengatakan kecepatan penularan dari varian Delta ini 10 sampai 15 detik. Bahkan saat orang berpapasan tanpa pakai masker sudah bisa membuat orang itu positif atau tertular,” katanya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close