BeritaSains & Tek

Jeff Bezos Bakal Jadi Penumpang Pertama Roket Buatannya ke Luar Angkasa

BIMATA.ID, Jakarta- Jeff Bezos akan menjadi penumpang pertama akan menjadi penumpang pertama dalam penerbangan antariksa milik perusahaannya, Blue Origin.

Blue Origin dilaporkan akan melakukan penerbangan berpenumpang pada 20 Juli mendatang. Miliader itu mengumumkannya lewat akun Instagram pribadinya.

Saya ingin melakukan penerbangan ini karena itu adalah hal yang ingin saya lakukan sepanjang hidup saya,” kata Bezos dalam sebuah video yang ia unggah.

Saudara laki-laki Bezos, Mark, juga akan bergabung dengannya di penerbangan pertama itu. Begitu pula pemenang lelang yang diadakan untuk salah satu kursi.

Dikabarkan sebelumnya, tawaran tertinggi pada lelang kursi tersebut mencapai $2,8 juta, lima hari sebelum lelang ditutup, demikian dikutip dari CNBC, Rabu (9/6/2021).

“Saya tidak menduga dia akan ada di penerbangan pertama. Betapa kesempatan yang luar biasa, tidak hanya karena bisa mengikuti petualangan ini, tetapi juga karena melakukannya dengan sahabat saya,” kata Bezos, mengungkap kegembiraan bisa terbang bersama saudaranya.

Sistem wisata antariksa Blue Origin mengandalkan New Shepard, sebuah roket yang membawa kapsul ke ruang angkasa.

New Shepard telah berhasil melakukan lebih dari selusin uji penerbangan tanpa penumpang. Salah satu keberhasilan uji coba adalah pada April lalu, melalui peluncuran yang dilakukan di fasilitas perusahaan di gurun Texas.

New Shepard dirancang untuk membawa hingga enam orang dalam perjalanan melewati tepi ruang angkasa dengan kapsul.

Pada uji sebelumnya, penerbangan dilakukan hingga mencapai ketinggian lebih dari 340 ribu kaki (lebih dari 100 kilometer).

Kapsul itu memiliki jendela besar untuk memberi penumpang kesempatan melihat keluar, menghabiskan beberapa menit dalam gravitasi nol sebelum kembali ke Bumi.

Roket diluncurkan secara vertikal, dengan pendorong terlepas dan kembali mendarat di landasan beton di dekatnya. Kembalinya kapsul diperlambat oleh satu set parasut, sebelum mendarat dengan lembut di padang pasir.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close