BeritaHeadlineInternasionalKesehatanPolitik

Indonesia Berikan Bantuan 2000 Tabung Oksigen kepada India

BIMATA.ID, Jakarta – Indonesia kembali memberikan sebanyak 2.000 unit tabung oksigen untuk melengkapi komitmen hibah kemanusiaan kepada India di tengah pandemi Covid-19.

Penyerahan hibah tabung oksigen itu dilakukan oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia (RI) di Mumbai, Agus P Saptono kepada Indian Red Cross Society (IRCS) di pelabuhan Nhava Sheva, seperti disampaikan dalam keterangan KJRI Mumbai yang diterima di Jakarta, Senin (28/06/2021).

Kedatangan 2.000 unit tabung oksigen tersebut merupakan penghantaran bantuan yang ketiga dan merupakan tahapan terakhir. Sebelumnya, Indonesia mengirim 1.400 unit tabung oksigen yang diterima oleh IRCS Mumbai pada 8 Juni dan 200 konsentrator oksigen yang tiba di New Delhi pada 12 Mei lalu.

Bantuan tabung oksigen itu diterima oleh perwakilan Sekretaris Jenderal (Sekjen) IRCS, T B Sakloth dan dihadiri oleh Komisaris Bea Cukai India, Sandeep Bokhale dan sejumlah pejabat manajemen pelabuhan Nhava Sheva.

Sakloth menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah RI atas dukungan kepada India dengan mengirimkan bantuan yang sangat dibutuhkan. Dia yakin, bantuan yang disampaikan Indonesia akan semakin mempererat hubungan baik kedua negara, dan selanjutnya IRCS akan mendistribusikan bantuan tersebut kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Dengan penyerahan bantuan tahap akhir itu, Indonesia telah menyelesaikan komitmen hibahnya kepada India, yang merupakan bentuk dukungan dan solidaritas dari rakyat dan Pemerintah RI kepada India, yang juga menghadapi tantangan berat pandemi Covid-19.

Bantuan tersebut menggambarkan hubungan baik kedua negara, tidak hanya dalam mengatasi situasi pandemi, tetapi juga kerja sama di berbagai sektor lainnya. Kerja sama antara Indonesia dan India pun diharapkan akan semakin kuat pada masa mendatang.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close