NasionalBeritaSains & TekUmum

Empat Fokus Peta Jalan Digital Indonesia hingga 2024

BIMATA.ID, Jakarta- Ada empat fokus utama pemerintah untuk mempercepat transformasi digital. Empat fokus ini ada dalam roadmap Indonesia digital 2021 hingga 2024.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengungkap empat hal yanga menjadi prioritas pemerintah adalah percepatan infrastruktur untuk memperluas akses masyarakat terhadap internet.

Lalu kedua, mendorong adopsi teknologi. Hal lain yang juga dikejar pemerintah adalah peningkatan talenta digital dan ke empat, menyelesaikan regulasi pendukung yang bertujuan untuk menyiapkan masyarakat digital.

Percepatan infrastruktur digital menjadi fondasi utama untuk menghadirkan layanan digital dan mendukung transformasi digital sesuai program yang dicanangkan pemerintah pusat. Karenanya, untuk memastikan pembangunan infrastruktur secara merata di semua level, pemerintah telah membuat proyek besar pembangunan infrastruktur internet di 12.548 desa yang belum terjangkau akses internet.

Di wilayah terluar, tertinggal, terdepan atau 3T, pemenuhan akses internet akan dibangun Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) di 9.113 desa dan kelurahan. Sedangkan di wilayah komersial atau non 3T, menjadi komitmen operator seluler untuk menyelesiakan pembangunan infrastruktur TIK secara simultan di 3.435 desa dan kelurahan.

Dengan demikian di tahun 2022 diharapkan seluruh desa dan kelurahan di Indonesia sudah terjangkau oleh jaringan BTS. Selain itu, pemerintah juga akan membangun layanan internet 5G untuk publik dan komersial.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close