Kesehatan

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Mengatasi Stres Ala Nabi, Seperti Apa?

BIMATA.ID, Jakarta- Hampir setiap orang pernah mengalami stres, terlebih saat mendapat tekanan dari pekerjaan dan hubungan pribadi. Tapi tidak semua orang tahu cara mengatasi stres yang tepat.

Mencegah ini, dokter Zaidul Akbar menyarankan untuk berlatih manajemen stres, sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, yakni melalui doa dan menenangkan diri dengan cara mengambil wudhu.

“Kalau sedih nabi memberikan pedoman kepada kita dengan doa. Kalau lagi marah bisa dengan cara duduk, berbaring dan mengambil wudhu, lalu menjalankan salat sunah 2 rakaat,” ungkapnya dalam kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Sabtu (12/6/2021).

Namun apabila stres rutin dialami sehari-hari, ia menyarankan konsep distraksi atau kegiatan yang mengalihkan.

Konsep ini seperti yang biasa dilakukan para orangtua kepada anaknya yang sedang menangis, marah, atau sedih.

Orangtua biasanya mengalihkan ke hal yang disukai anak, seperti membelikan permen, es krim, atau pergi ke tempat yang bisa membuatnya senang.

Begitu juga pada orang dewasa, kata dokter yang terkenal dengan metode jurus sehat rasulullah (JSR) itu menyarankan cari kegiatan yang bisa menghilangkan rasa stres.

“Jadi kalau ada kerjaan di kantor, tugas beban menyita pikiran 10 sampai 15 menit untuk mengalihkan sebentar,” jelas dr. Zaidul.

Cara mengalihkannya, bisa dengan cara melihat foto pemandangan atau momen kebersamaan dengan keluarga yang membahagiakan.

Ia menambahkan apabila perasaan tidak kunjung membaik, ia menyarankan untuk berbuat kebaikan. Seperti misalnya memberikan makanan atau barang yang dibutuhkan untuk orang lain.

Kata dr. Zaidul perasaan bahagia saat berbagi dengan orang lain bisa meringankan stres. Ini karena meningkatnya rasa keimanan yang bisa menenangkan hati.

“Semakin banyak kebaikan yang dikerjakan jadi semakin teralihkan, yang paling utama juga jaga keimanan dengan mengonsumsi makanan halal dan sehat,” pungkasnya.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close