Berita

Disdik Kota Makassar Upayakan Siswa Tak Lulus PPDB Dapat Sekolah Swasta Gratis

BIMATA.ID, Makassar — Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Makassar, Nielma Palamba tengah memediasi beberapa sekolah swasta untuk memberikan keringanan terhadap puluhan ribu siswa yang berpotensi tak lulus Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP Negeri Kota Makassar.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak swasta, sudah ada kurang lebih 150 sekolah swasta yang siap menampung, bahkan komitmen untuk gratis, ada daftar-daftarnya,” terangnya, Selasa (29/06/2021).

Adapun bagi sekolah yang tidak menggratiskan, Disdik mengupayakan agar sekolah-sekolah tersebut memberikan keringanan iuran.

“Ada beberapa sekolah swasta yang sudah punya komitmen untuk meringankan, ada juga gratis saya lihat, misal, ada Rp100 ribu per orang per bulan, ada yang Rp150 ribu,” ujarnya.

Nielma mengakui masih banyak siswa yang tak bisa tertampung di negeri lantaran timpangnya jumlah SD dan SMP di Kota Makassar.

Terlebih, kata Nielma tahun ini persaingannya cukup ketat, karena rombongan belajar (rombel) telah diminta untuk tidak melebihi jumlah yang ditentukan.

“Untuk orang tua tidak usah kecewa, karena sekarang swasta atau negeri juga hampir sama. Lagian ini pandemi dibatasi juga dalam satu kelas. ini juga masalah, rasio siswa dengan guru. Jadi hanya 50% yang boleh masuk kelas,” pungkasnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close