Berita

Dinkes Surabaya Mencatat Puluhan Anak Dinyatakan Positif Covid-19

BIMATA.ID, Surabaya — Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febri Adhitya Prajatara mengatakan merujuk data  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Jawa Timur, mencatat ada 36 kasus aktif covid-19 pada anak antara usia 0-2 tahun ada dua orang, usia 3-6 tahun ada 12 orang, dan usia 7-12 tahun ada delapan orang. Kemudian, pasien positif covid-19 usia 13-15 tahun ada satu dan usia 16-18 tahun ada 13 orang  per 22 Juni 2021 kebanyakan dari mereka tanpa gejala (OTG).

“Rata-rata kasus aktif yang ditemukan pada anak-anak ini tanpa gejala,” ucap, Kamis, 24 Juni 2021.

Febri menjelaskan bahwa rata-rata kasus aktif pada anak usia 0 hingga 12 tahun terpapar dari orang tuanya. Kemungkinan, para orang tua itu ketika dari luar rumah atau pulang kerja tidak langsung membersihkan diri sebelum menyapa anaknya.

“Ini berdasarkan hasil tracing dari rekan-rekan dinkes di lapangan,” tambah dia.

Untuk anak usia 13-18 tahun, lanjut dia, terpapar karena kurang sadarnya pengetahuan akan protokol kesehatan. Oleh karena itu, Febri menyatakan bahwa hal ini perlu diantisipasi bersama oleh para orang tua. 

“Anak-anak muda ini perlu nantinya diantisipasi kesadaran protokol kesehatan. Meskipun masih muda, sangat rentan sekali penularan,” ucap dia.

Menurut Febri, data kasus aktif covid-19 pada anak ini juga bersifat dinamis. Peningkatan ini juga dapat dipengaruhi dari pola hidup masyarakat.

“Ketika kasus sekarang terjadi lonjakan, otomatis berpengaruh juga terhadap anak-anak,” lanjut dia.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close