HeadlineKesehatan

Catat! Ini Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Ternyata Tidak Banyak Diketahui

BIMATA.ID, Jakarta- Banyak masyarakat Indonesia telah familiar dengan gula aren. Pemanis alami ini biasa ditemukan pada minuman seperti es cendol hingga kopi kekinian.

Tidak hanya itu, gula aren juga kerap jadi bahan dasr dari  kue mangkok, kue putu, dan cucur klepon. Satu hal yang tidak banyak diketahui, bahwa ternyata ada kandungan baik bagi kesehatan dari gula aren ini.

Salah satunya kalsium (90 mg), zat besi (4 mg), karoten, vitamin A, B12, C, E, float, garam mineral, dan protein kasar. Penasaran apa saja? Simak juga tujuh manfaat dari gula aren ini, yang dilansir dari TanamanObat.id.

Bila dibandingkan dengan gula pasir, kandungan kalori dari gula aren ini justru lebih rendah. Sehingga gula ini bisa dijadikan asupan penambah energi. Selain itu, mencampurkan gula aren ke dalam minuman segar, bisa meningkatkan energi secara cepat dan instan.

Aman untuk penderita diabetes

Gula aren memiliki indeks glikemik yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan gula pasir. Karena itu, bagi penderita diabetes sangatlah aman jika mengonsumsi gula ini, asalkan tidak berlebihan.

Bisa meredakan nyeri haid

Bagi perempuan yang merasakan nyeri saat haid, gula aren bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Kombinasi ramuan gula aren sudah digunakan sejak lama untuk meredakan rasa nyeri datang bulan. Diyakini, gula aren dapat menenangkan otot rahim dan kontraksi saat menstruasi.

Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan merupakan zat yang sangat berguna bagi kesehatan kulit. Jika ditambah dengan kandungan vitamin B, gula aren mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Seperti kerutan, garis halus dan noda hitam. Cukup dengan mengonsumsi gula aren secara rutin.

Membantu menurunkan berat badan

Kalori rendah pada gula aren sangat cocok untuk menurunkan berat badan secara efektif. Tidak hanya itu, kandungan potassium pada gula aren ini juga membantu mengatasi perut kembut akibat retensi air.

Dapat melancarkan saluran pencernaan

Jika mengonsumsi gula aren secara rutin dapat melancarkan pencernaan. Kandungan niacin pada gula aren juga tak kalah pentingnya, salah satunya dapat membantu mengubah makanan menjadi energi.

Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya vitamin C atau makanan sehat saja yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Gula aren diyakini juga bisa, sebab kandungan antioksidan yang cukup tinggi sangat berperan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Tidak hanya itu, senyawa anthocyanidins dan polyphenol juga berperan penting dalam melindungi tubuh.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close