Berita

Angka Kemiskinan di Tangsel Meningkat Selama Pandemi Covid-19

BIMATA.ID, Tangerang Selatan — Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang Selatan, Wahyunoto mengatakan angka kemiskinan meningkat selama pandemi covid-19 berdasarkan data selama tahun 2021 angka warga miskin naik sebesar 2 sampai 3 persen.

“Yang pasti, selama pandemi yang berkepanjangan ini angka kemiskinan saya pastikan naik, kalau angka berapa persennya itu silakan konfirmasi ke BPS (Badan Pusat Statistik). Namun kalau dari data yang kita miliki angka kemiskinan di 2021 naik sekitar 2 sampai 3 persen dari data tahun 2020,” katanya, Senin (28/06/2021).

Menurut Wahyu, berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos) angka kemiskinan di Kota Tangsel mencapai 62.000 jiwa. Dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sekitar 31.000.

“Kalau data tahun ini kita masih input terus, kita masih verifikasi terus. Oleh Kemensos itu ditetapkannya per triwulan, seharusnya kemarin April sudah ada ketetapan angkanya berapa tetapi mungkin dinamika dan lain-lain sampai saat ini kita belum mempunyai ketetapan,” lanjutnya.

Sejauh ini pihak Dinsos mengaku masih terus menyelaraskan data yang mereka miliki dengan data dari BPS agar mereka yang masuk dalam kategori keluarga miskin bisa mendapatkan bantuan sosial.

“Itu kita belum memadupadankan dengan rilis angka dari BPS. Itu data dari RT/RW yang memang diusulkan untuk mendapatkan bantuan sosial. Kita verifikasi dan memang mereka layak mendapatkan bantuan sosial,” ungkapnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close