PertanianBeritaEkonomiRegional

Alsintan Bawa Petani Semakin Produktif dan Modern

BIMATA.ID, Semarang- Keberadaan alat mesin pertanian (alsintan) tak dipungkiri mampu meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Jawa Tengah. Sektor pertanian di Jawa Tengah pun semakin berkembang menjadi modern melalui penerapan mekanisasi pertanian.

Kemajuan sektor pertanian yang ditandai dengan penggunaan alsintan diakui Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL). Alsintan, Mentan melanjutkan, menandai bergeraknya pertanian Indonesia menuju arah yang maju, mandiri dan modern.

“Alsintan ini menandakan bahwa pertanian kita tengah bergerak ke arah pertanian yang maju, mandiri dan modern. Salah satu ciri pertanian modern itu ditandai dengan penerapan mekanisasi pertanian dalam proses budidaya dengan penggunaan alsintan,” katanya.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menambahkan, alsintan diharapkan dapat meningkatkan produksi pangan dan juga kesejahteraan petani.

“Pengembangan alsintan diharapkan harus seimbang dengan tenaga kerja manusia, sehingga pengembangan pertanian tetap memberdayakan petani dengan teknologi pertanian yang maju,” ujarnya.

Penggunaan alsintan menurut Ali memiliki banyak keuntungan yang bisa mendukung aktivitas pertanian.

“Proses produksi pun akan lebih cepat jika menggunakan alsintan,” ucapnya.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close