Berita

27 Warga Gununghalu Bandung Positif Terinfeksi Covid-19

BIMATA.ID, Bandung — Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB, M Jauhari membenarkan informasi tentang adanya 27 warga di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) Desa Tamanjaya, Gununghalu yang reaktif Covid-19 setelah dilakukan Swab test antigen karena awalnya ada 16 warga yang bergejala Covid-19.

“Awalnya ada tokoh RW 10 Desa Tamanjaya yang melaporkan sebanyak 16 warga bergejala COVID-19. Lalu warga yang kontak erat sebanyak 42 orang di swab test antigen, hasilnya ada 27 warga reaktif,” terangnya, Jumat (11/06/2021).

Atas temuan itu, kata dia, pihak Puskesmas telah berkoordinasi dengan kecamatan dan desa. Kemudian guna menghindari penyebaran yang lebih banyak lagi, pihak kecamatan dan desa akhirnya melakukan isolasi wilayah di RW tersebut.

“Guna memastikan kondisinya, rencana akan dilakukan swab antigen ulang pada Rabu (16/6/2021) dengan sasaran 27 warga yang reaktif beserta kontak erat,” sambungnya.

Disinggung soal dari mana warga tersebut terpapar, dirinya belum dapat memastikan. Hanya dugaan sementara, di daerah situ mulanya ada seorang warga meninggal tapi bukan karena COVID-19. Lalu ada kerabat yang melayat dari Jakarta Namun belum bisa dipastikan apakah sumber penyebarannya dari pelayat tersebut atau bukan.

“Kalau gejala yang dialami warga yang reaktif tersebut masih kategori ringan yakni batuk dan pilek. Namun ada juga yang tidak bergejala. Jadi tidak ada seorang pun yang dirujuk,” ujarnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close