Berita

Terjadi Protes Para Buruh Atas Penutupan di Tol Cikarang Barat

BIMATA.ID, Bekasi — Terjadi Peristiwa protes yang berlangsung sekitar 10-15 menit dilakukan para pengemudi akibat penutupan di Tol Cikarang Barat.

“Sekarang sudah terkendali, adapun kemacetan terjadi lantaran sedang dilakukan penyekatan di KM 31,” ujar Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Hendra Damanik dalam keterangannya, Kamis (06/05/2021).

Aksi ini terekam di sebuah video viral di medsos yang menunjukkan kerumunan karyawan sebuah pabrik memprotes akibat tidak bisa melintas di Gerbang Tol Cikarang Barat, Kamis (6/5).

Dalam video berdurasi sekitar 29 detik tersebut, tampak sejumlah pekerja pabrik dengan seragam kemeja berwarna biru muda menunggu antrian bus yang terhenti karena tidak bisa melintas.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan, pihaknya saat ini sudah mengatasi persoalan tersebut. Protes itu dari karyawan, bukan pemudik.

“Kejadian tersebut, protes dari para angkutan karyawan yang mau keluar dari GT Cikarang Barat dari arah Cikampek,” ujar Sambodo.

Sambodo mengatakan, masa dalam video yang beredar tersebut bukan pemudik yang protes karena tidak diperbolehkan lewat.

Karyawan protes tidak bisa lewat karena adanya kebijakan putar balik di Gerbang Tol Cikarang Barat.

“Kejadian tersebut, protes dari para angkutan karyawan yang mau keluar dari GT Cikarang Barat dari arah Cikampek, karena GT Cikarang Barat ditutup agar tidak crossing dengan kendaraan yang kita putar balik,” jelas dia.

Di tempat terpisah, Kasat Patroli Jalan Raya Kompol Akmal menjelaskan, aksi protes tersebut dilakukan oleh karyawan yang akan masuk kerja di sekitar Cikarang.

Mereka protes karena adanya akses penutupan jalan yang dilakukan petugas kepolisian dari Karawang Timur sehingga menghambat lajunya kendaraan yang ditumpangi oleh ratusan karyawan.

Akmal melanjutkan, aksi protes tersebut berada di KM 31 arah ke Karawang Barat. Namun, jalan juga telah dibuka kembali setelah dilakukan rekayasa oleh pihak kepolisian di lokasi tersebut.

“Sekarang sudah dibuka mereka jalan lagi. Kejadiannya sekitar pukul 06.00 WIB,” tegasnya.

Saat ini, jalan sudah kembali normal dan kemacetan juga telah terurai.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close