Nasional

Anies Baswedan Pastikan Keselamatan Siswa Saat Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

BIMATA.ID, Jakarta- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan memprioritaskan keselamatan anak-anak atau siswa dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM).

“Kita ingin semuanya sadar, nomor satu adalah keselamatan anak-anak kita, nomor dua keselamatan anak-anak, nomor tiga adalah keselamatan anak-anak kita. Itulah prioritasnya,” kata Anies di Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Minggu (2/5/2021).

Saat ini lanjut dia, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait untuk pelaksanaan sekolah tatap muka. Kata dia, nantinya SOP yang akan diterapkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta didasarkan pada kenyataan di lapangan.

“Tetapi intinya kita bergerak saat ini berdasarkan fakta, berdasarkan temuan di lapangan,” ucapnya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan  DKI Jakarta mulai melakukan asesmen terhadap sekolah yang akan mengikuti uji coba tahap kedua pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Humas Dinas Pendidikan  DKI Jakarta Taga Radja menyatakan proses asesmen tersebut dilakukan mulai 26 April hingga 4 Mei 2021.

“Kemudian, verifikasi hasil asesmen mulai tanggal 4 sampai 8 Mei. Lalu, karena libur Lebaran, pelatihan buat sekolah yang terverifikasi dilakukan tanggal 24 Mei hingga 4 Juni,” kata Taga saat dihubungi, Kamis (29/4/2021).

Keputusan di Tangan Sekolah

Taga menjelaskan proses asesmen dilakukan kepada sejumlah sekolah di luar 85 lokasi yang telah melakukan ujicoba PTM tahap pertama.

Lanjut Taga, bila 85 sekolah itu akan mengikuti uji coba tahap kedua tidak perlu melakukan asesmen kembali. Pihaknya pun tidak memaksa untuk 85 sekolah ikut kembali dalam PTM tahap dua.

“Ini kan diserahkan kepada pihak sekolah dan masyarakat. Artinya, bisa terjadi, misalnya tahap pertama dianggap berhasil, masyarakat percaya, ya tinggal buat pernyataan pakta integritas, diajukan ke dinas,” papar dia.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close