Regional

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Bima

BIMATA.ID, BIMA — Puluhan ribu orang terdampak banjir di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta ribuan rumah terendam setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut sejak Jumat (2/4/2021).

Data dari Pusat Pengendalian dan Operasi Pusdalops BNPB, hujan turun selama sembilan jam di seluruh wilayah Kabupaten Bima. 

Pada pukul 15.00 WITA bendungan yang ada di Kecamatan Madapangga, Bolo, Woha dan Monta sudah tidak dapat menahan debit air dan meluap menggenangi lahan persawahan serta perkampungan warga sekitar.

Data awal, ada sekitar 7.598 unit rumah terendam dengan ketinggian air 50-200 sentimeter. Sementara itu ada 23.362 jiwa terdampak.

Terkini, laporan Pusdalops menyatakan sejumlah warga mengungsi akibat banjir. Namun demikian, jumlahnya masih dalam pendataan.

Berdasarkan data Pusdalops, banjir yang terjadi itu juga mengakibatkan sejumlah jembatan yang menghubungkan beberapa desa terputus. Begitu pula jaringan listrik di beberapa kecamatan putus akibat tumbangnya tiang listrik.

Juga terjadi tanah longsor pada ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Woha, Monta dan Parado

(***)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close