BeritaEkonomiInternasionalNasionalRegional

Prasetyawati: Jabar Bisa Jadi Daerah Tujuan Utama Investasi Nasional dan Internasional

BIMATA.ID, JABAR- Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Fraksi Partai Gerindra, Ir. Prasetyawati, mengungkapkan hal-hal penting apa saja yang dibutuhkan dalam menjadikan wilayah Jawa Barat sebagai daerah tujuan utama investasi  skala Nasional maupun Internasional.

Hal-hal tersebut meliputi, peningkatan kualitas dan kuantitas jaringan infrastruktur transportasi yang handal dan terintegrasi, berkembangnya sistem transportasi massal, pemenuhan kebutuhan air baku untuk berbagai keperluan, pengendalian banjir dan kekeringan, serta tersedianya jaringan irigasi yang berkelanjutan, merupakan hal penting juga.

Pelayanan telekomunikasi, terpenuhinya kebutuhan air bersih dan sanitasi, serta terpenuhinya kebutuhan rumah bagi masyarakat, diharapkan dapat diwujudkan secepatnya.

“Hal ini dibutuhkan untuk penciptaan Jawa Barat sebagai daerah tujuan utama investasi skala nasional dan internasional,” jelasnya.

Sebaiknya penataan ruang diarahkan untuk mewujudkan penataan ruang yang berkelanjutan, mendukung daya saing daerah, dan berkeadilan, serasi, serta mampu mewadahi perkembangan wilayah dan aktivitas perekonomiannya dengan tetap menjaga keseimbangan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Hal tersebut diarahkan untuk mengendalikan perkembangan kota-kota besar dan metropolitan sehingga menjadi suatu kota yang berkelanjutan melalui penerapan manajemen perkotaan.

Manajemen ini meliputi optimasi dan pengendalian pemanfaatan ruang serta pengamanan zona lindung, penciptaan aktivitas ekonomi melalui penyediaan ruang-ruang investasi beserta dukungan sistem transportasi massal yang efisien dan ramah lingkungan.

Dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang, serta harapan penataan ruang Jawa Barat 20 tahun ke depan, maka tata ruang Jabar yang efisien, berkelanjutan, dan berdaya saing dapat terwujud.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close