PeristiwaBeritaRegional

Politisi Gerindra Minta Basarnas Bersinergi dengan Seluruh Pihak Dalam Evakuasi Korban Bencana Banjir NTB dan NTT

BIMATA.ID, Jakarta- Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Novita Wijayanti menyampaikan rasa dukanya atas musibah banjir yang terjadi di Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) dan di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (04/04/2021).

“Rasa duka yang mendalam atas bencana yang menimpa saudara-saudara kita di Bima dan di Flores Timur (NTT). Semoga saudara-saudara kita tetap diberikan kekuatan, ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah alam ini,” kata Novita.

Legislator dari Dapil Cilacap-Purwokerto itu meminta Basarnas untuk bersinergi dengan semua pihak terutama dalam melakukan pencarian dan evakuasi para korban hilang, serta memastikan jalur bantuan logistik dapat tersalurkan secara cepat dan tepat.

Ia pun juga meminta, agar peran serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam memberikan informasi kondisi cuaca dapat membantu para tim evakuasi dalam melakukan tugasnya. Bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi atau ekstrem.

“Semua pihak harus saling bersinergi untuk membantu saudara-saudara kita di Flores Timur dalam proses evakuasi pencarian para korban hilang akibat bencana tersebut,”kata dia.

“Meminta agar tim SAR bersama BNPB untuk segera mendirikan tenda atau posko, termasuk dapur umum darurat, dengan memprioritaskan anak-anak dan lansia untuk menghindari kemungkinan terserang penyakit,”tambahnya.

Novita juga meminta agar pemerintah melalui Kementerian PUPR untuk ikut serta dalam penanganan pasca bencana, terutama untuk membantu pembangunan kembali tempat tinggal maupun fasilitas umum akibat terdampak banjir.

“Kementerian PUPR juga nanti bisa membantu pasca bencananya,” pungkasnya.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close