Berita

Polda Metro Jaya Temukan Akun Medsos yang Diduga Ajak Jakmania Turun ke Jalan

BIMATA.ID,Jakarta — Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, menemukan adanya akun media sosial (medsos) yang terindikasi menyebarkan undangan atau ajakan kepada pendukung Persija Jakarta untuk turun ke jalan merayakan euforia juara Piala Menpora 2021.

“Ada beberapa akun (yang kami temukan), belum bisa kami sampaikan saat ini, iya (lebih dari satu),” katay Yusri, Selasa (27/04/2021).

Yusri menuturkan penyidik siber Polda Metro Jaya akan terus menyelidiki akun-akun media sosial yang diduga membuat ajakan tersebut.

“Kami penyidik masih melakukan pengejaran kepada akun-akun yang memang mengajak, yang memprovokasi untuk berkumpul itu akan kita tindak,” tuturnya.

Sementara, Polisi juga mengagendakan pemeriksaan Ketua Umum The Jakmania berinisial DS sebagai saksi buntut kasus kerumunan yang terpusat di Bundaran Hotel Indonesia (HI) itu.

Pemanggilan DS bersifat klarifikasi. Pemanggilan dilakukan untuk mendalami asal muasal terjadinya kerumunan.

“Ketua Jakmania akan kami panggil untuk kita klarifikasi untuk mempertanggungjawabkan hal ini,” kata Yusri.

Sebelumya, sebanyak 65 pendukung Persija yang berkerumun merayakan kemenangan Persija di Bundaran HI sempat diamankan jajaran Polda Metro Jaya.

Mereka diamankan untuk kemudian diambil keterangannya. 65 pendukung persija itu terdiri dari 52 dewasa, 12 anak-anak, dan satu wanita.

“Sudah kita pulangkan secara bertahap mulai sejak pagi tadi setelah diambil keterangan kita pulangkan,” kata dia.

Menurut Yusri seluruh Jakmania tersebut sempat menjalani pemeriksaan kesehatan. Hasilnya, mereka dinyatakan negatif COVID-19.

“Kami ambil keterangan cuma mau cek apakah ada yang ajak, ada yang menggerakkan, memprovokasi bisa berkumpul,” bebernya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close