BeritaEkonomiPertanianRegional

Pemkab Subang Sulap Lahan Tidur Jadi Kampung Tani Milenial

BIMATA.ID, Subang- Pemerintah Kabupaten Subang berencana memanfaatkan lahan tidur seluas 6.000 hektare untuk keperluan sektor pertanian.

Hal ini sejalan dengan rencana Kabupaten Subang ke depannya yang akan melakukan pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di sektor pertanian.

Bupati Subang Ruhimat atau akrab disapa Kang Jimat mengatakan saat ini Subang bersama 14 wilayah lainnya menjadi daerah yang akan menjalankan program YESS atau youth entrepeneurship and employment support service. Untuk mendukung program ini, maka perlu upaya penunjang salah satunya penyediaan lahan.

“Kami sudah bekerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya PTPN VIII dalam rangka pemanfaatan lahan tidur,” ujar Ruhimat.

PTPN VIII sudah menyiapkan lahan seluas 6.000 hektare. Lahan tersebut, akan dikelola oleh para milenial yang tergabung dalam program YESS. Sampai saat ini, lahan tidur di wilayah Subang masih cukup luas. Karenanya, dengan adanya program YESS itu maka lahan tidur itu akan dimanfaatkan salah satunya untuk pembangunan kampung tani milenial.

Dengan demikian, pihaknya meminta seluruh stakeholder untuk bersinergi dan bisa mewujudkan program tersebut. Kepala BP4D Kabupaten Subang Hari Rubiyanto mengatakan program YESS merupakan program yang dapat memacu anak muda untuk berperan serta menjadi petani milenial. Para anak muda ini diharapkan menjadi SDM yang mumpuni, profesional, mandiri, berdaya saing dan memiliki jiwa wirausaha.

“Program ini melibatkan sejumlah instansi seperti dinas pertanian, dinas peternakan, dinas pendidikan, sampai dinas pemuda dan olahraga,” ujar Hari.

Secara terpisah, Direktur Polibangtan sekaligus penanggung jawab program YESS Jawa Barat Siswoyo mengatakan program YESS merupakan program kementerian pertanian berskala nasional yang dilaksanakan di 4 provinsi dan 15 Kabupaten di Indonesia. Adapun di Jabar dilaksanakan di Kabupaten Subang, Tasikmalaya, Cianjur dan Sukabumi.

“Saat ini, baru memasuki tahapan koordinasi antara pusat dan daerah. Dengan harapan, ke depannya program ini bisa terwujud dan sukses,” ujarnya.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close