Berita

Pantauan PT KAI Daop 6 Yogyakarta Ribuan Penumpang Booking Tiket Sebelum ada Larangan Mudik

BIMATA.ID, Yogyakarta — PT KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat sebanyak ribuan penumpang Kereta Api telah memesan tiket untuk perjalanan sampai tanggal 5 Mei atau sebelum larangan mudik diberlakukan pada 6-17 Mei. Penumpang tersebut rata-rata naik kereta jarak jauh dengan berbagai tujuan.

“Untuk hari Sabtu dan Minggu yang memesan tiket sekitar 3.700 penumpang sampai 5.000 penumpang per hari,” kata Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto, Kamis (29/04/2021).

Melihat data penjualan tiket tersebut, kata dia, pihaknya memprediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang kereta di delapan stasiun di Daop 6 Yogyakarta, sebelum diberlakukan larangan mudik 6-17 Mei. Sedangkan untuk penumpang turun di Daop 6 Yogyakarta belum ada kenaikan sampai sekarang.

“Penumpang datang di Daop 6 Yogyakarta jelang diberlakukan larangan mudik tidak ada peningkatan,” katanya.

Ia memastikan pada saat larangan mudik diberlakukan nanti tidak ada satupun KA jarak jauh yang beroperasi. Hal itu sesuai kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Pada saat larangan mudik 6-17 Mei tidak ada KA jarak jauh yang beroperasi. Semuanya berhenti sementara, kecuali jika ada revisi,” ucap dia.

Ia menambahkan untuk kereta jarak dekat belum ada keputusan dari pusat apakah boleh beroperasi atau tidak. Daop 6 Yogyakarta akan menunggu keputusan akhir dari Kemenhub.

“Untuk reguler KA jarak jauh saat ini ada 32 perjalanan. Jumlah itu baru 50 persen dari hari normal sebelum pandemi,” tandasnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close