Berita

Lulusan Kartu Pra Kerja Bisa Dapat Tawaran KUR Super Mikro Rp10 Juta

BIMATA.ID, Jakarta — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Menyatakan untuk Alumni pelatihan kartu pra kerja, bakal ditawarkan pemerintah untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro yang bisa digunakan untuk membuka usaha.

“Para lulusan dari kartu pra kerja bisa ditawarkan untuk kredit usaha rakyat super mikro yang besarnya dibawah Rp10 juta,” katanya, Kamis (08/04/2021).

Airlangga mengatakan berdasarkan survei dari Manajemen Pelaksana Program (PMO) kartu pra kerja, permodalan menjadi tantangan utama bagi para wirausahawan dan pinjaman melalui KUR bisa menjadi solusi permodalan.

Karenanya, lanjut ia, pada 2021, pemerintah meningkatkan anggaran KUR menjadi Rp 253 triliun. Pada tahun lalu, penyaluran KUR melebihi target 104 persen atau dari Rp190 triliun tercapai Rp 198 triliun.

Pemerintah, akan mendorong agar subsidi bunga KUR sebesar 3 persen tidak hanya berhenti hingga Juni melainkan diperpanjang hingga Desember 2021. Selain itu, program KUR ini yang semula bebas jaminan atau bebas agunan yang besarnya kurang dari Rp50 juta sedang dikaji sampai Rp100 juta.

Airlangga berharap, melalui KUR, para alumni kartu pra kerja dapat mengembangkan usahanya dan dapat nantinya bisa mengakses program pembiayaan yang lebih besar seperti KUR mikro, KUR kecil, hingga KUR TKI.

“KUR adalah pinjaman bukan bansos, jadi mesti dibayar yang sekarang bunganya disubsidi 3 persen dan kami berharap bahwa dengan semakin banyaknya modal kerja, para alumni akan menjadi pengusaha tangguh,” ujarnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close