Berita

Kemenko Tetap Impor Daging Kerbau Asal India

BIMATA.ID, Jakarta — Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud mengatakan, bahwa impor daging kerbau akan tetap berjalan sesuai dengan kesepakatan yang ada.

“Tidak ada perubahan, saat ini kita tetap mengoptimalkan apa yang sudah diputuskan sebelumnya. Daging kerbau akan tetap masuk meski ada corona,” kata Musdhalifah, Rabu (28/04/2021).

Ia menjelaskan, saat ini daging kerbau yang sudah masuk di Bulog sebanyak 13 ribu ton. Rencananya, jumlah tersebut akan bertambah di awal Mei menjelang hari raya Idul Fitri.

“Kalau tidak salah yang sudah masuk di Bulog itu sudah masuk 13 ribu ton. Moga – moga ada pertambahan hingga awal bulan Mei dan seminggu setelah ramadhan. Mudah – mudahan ini bisa terealisasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejatinya pemerintah sudah berupaya untuk mencari alternatif dari negara lain. Namun karena masih pandemi covid-19 negara impor sapi pun mengalami kesulitan.

Salah satu alternatif terdekat dari Indonesia adalah Australia. Namun karena stok terbatas dan harga mahal sehingga impor daging  tidak bisa dioptimalkan dari negara Kanguru tersebut.

“Dalam hal ini yang kita khususkan itu hari raya lebaran yang sudah tinggal 2 minggu lagi. Sehingga kalau mau cari alternatif lain harus dari negara yang terdekat seperti Australia. Namun stok di sana sangat terbatas dan harga tinggi sehingga tidak mungkin kita tidak bisa meminta masuk dioptimalkan ke Indonesia,” tandasnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close