BeritaEkonomiInternasionalSains & Tek

Inilah Penyebab Komponen Rakit PC Jadi Langka dan Mahal

BIMATA.ID, Jakarta – Belakangan ini, komponen untuk merakit PC atau komputer generasi terbaru meningkat harganya serta langka di psaran. Komponen tersebut antara lain adalah RAM, prosesor hingga kartu grafis.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh produsen memori computer, Micron, pasokan DRAM akan berdampak jangka panjang. Perusahaan telah mengeluarkan peringatan bahwa harga memori DRAM akan segera naik karena permintaan yang kuat di pasar konsumen dan pusat data, serta cloud. Micron mengalami kesulitan memenuhi permintaan.

“Pasar DRAM saat ini menghadapi kekurangan pasokan yang parah, didorong oleh permintaan yang kuat dan pasokan yang terbatas, yang mengakibatkan kenaikan harga DRAM yang cepat dan akan semakin ketat sepanjang tahun,” kata CEO Micron, Sanjav Mehrotra, dikutip Guru3D.

Penyebab utama langka dan mahalnya harga komponen tersebut dikarenakan kekurangan chip global yang membatasi ketersediaan produk terknologi terbaru serta pandemi COVID-19.

Kekurangan komponen tersebut juga berdampak ke pasar lain, diantaranya adalah otomotif, perangkat elektronik rumah tangga dan smartphone.

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close