Berita

Ditlantas Polda Metro Jaya Akan Melakukan Penutupan Semua Jalur Tikus Pemudik

BIMATA.ID, Jakarta — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengaku telah memetakan jalan tikus yang diduga bakal dilalui para pemudik untuk menghindar dari kebijakan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

“Ada sekitar 16 titik jalan tikus di wilayah DKI Jakarta dan penyangga,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (14/04/2021).

Sambodo memberi contoh beberapa “jalur tikus” atau jalan alternatif yang kerap digunakan oleh pemudik untuk menerobos larangan mudik. Misalnya, seperti Pebayuran di Karawang, jembatan yang menuju ke arah Tanjung Pura, Karawang, kemudian Cibarusa arah Cianjur dan -ruas jalur lain yang menuju ke arah dari Tangerang menuju ke Banten.

Ia menegaskan, berkaca dari pengalaman melakukan penyekatan di tahun-tahun sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan menyiapkan pos pengamanan di rute tersebut.

“Jalan tikus itu kami jaga semua,” ujarnya.

Sambodo menegaskan, penyekatan larangan mudik di jalan tikus difokuskan untuk menghalau pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

“Tidak hanya kepada roda empat atau lebih, tetapi juga khususnya kepada pengendara, pemudik roda dua yang diduga juga nanti akan banyak juga yang melaksanakan mudik menggunakan sepeda motor,” pungkasnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close