Berita

Tanggapan Sultan Jogja Soal Mudik Tak Akan Dilarang

BIMATA.ID, Yogyakarta — Gubernur DIY Sri Sultan HB X setuju dengan rencana membuka pintu lebar-lebar bagi pemudik yang ingin pulang ke daerah ini. Namun, perlu ada kebijakan jelas untuk menekan potensi lonjakan kasus Covid-19 saat mudik berduyun-duyun pulang kampung.

“Ya ndak papa, tapi saya belum tahu persis kebijakannya nanti seperti apa, yang jelas mobilitas meningkat,” kata Sultan Jogja, Rabu (17/3/2021).

Sebelumnya,  Kementerian Perhubungan tak akan melarang masyarakat mudik Lebaran tahun ini. DIY yang setiap tahun kedatangan ribuan pemudik tidak mempersoalkan kebijakan tersebut.

Sultan mengatakan aturan yang perlu dipertimbangkan Pemerintah Pusat dalam upaya mengantisipasi peningkatan kasus corona selama mudik adalah pengecekan surat bebas Covid-19 terhadap pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi di wilayah perbatasan.

Langkah tersebut pernah diberlakukan di DIY pada perayaan Idul Fitri 2020, Kala itu pemerintah melarang mudik guna mencegah penyebaran Covid-19 dam menginstruksikan pemerintah daerah membuat posko penyekatan pemudik di wilayah perbatasan.

Di samping aturan yang jelas, menurut Sultan upaya menekan lonjakan kasus selama Lebaran juga membutuhkan keterlibatan masyarakat secara langsung, yakni dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close