BeritaBisnisEkbisFilmLifestyleNasional

Surat Terbuka untuk Jokowi yang Diunggah Dian Sastro Cs

BIMATA.ID, Jakarta – Sederet artis Tanah Air mulai dari Dian Sastro hingga Sherina Munaf, mengunggah surat terbuka yang dikirimkan insan perfilman Indonesia untuk Presiden Jokowi.

Dalam surat itu, mereka mengungkap kondisi industri film Tanah Air yang makin terpuruk di tengah pandemi.

Insan perfilman bersurat kepada Jokowi untuk meminta perhatian pemerintah. Surat ini mencuat dari unggahan Dian Sastro dan kawan-kawan.

Dalam surat itu, mereka menuliskan kondisi sulit bagi seluruh pihak di dunia hiburan akibat pandemi COVID-19.

“Seperti juga berbagai sektor industri lain, industri film kini mengalami pukulan keras di tengah pandemi Covid-19. Puluhan ribu pekerjanya kesulitan bertahan hidup akibat proses pra hingga pasca produksi film yang terhambat,” tulis para insan film.

Dilansir dari kumparan.com, Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia, Djonny Syafruddin, menyambut surat yang dilayangkan insan perfilman. Djonny mengatakan saat ini tak sedikit bioskop terancam gulung tikar.

Sulitnya produksi film Tanah Air hingga tergerusnya kepercayaan publik untuk ke bioskop, membuat satu bioskop setidaknya menderita kerugian Rp 80 juta hingga Rp 150 juta per bulan.

“Kalau dihitung itu triliunan rupiah duitnya, kan ada 280 lokasi ya, layar dua ribu lebih,” jelas Djonny kepada kumparan, Minggu (7/3).

Selain meminta perhatian pemerintah berupa insentif hingga keringanan tagihan listrik, Djonny juga berharap Presiden Jokowi menyerukan kampanye kepada masyarakat agar menonton ke bioskop.

Ia berharap Jokowi bisa mengambil langkah sebagaimana gaya khasnya, yakni dengan datang langsung menonton ke bioskop. Dengan begitu, ia yakin okupansi yang saat ini hanya mencapai 15 persen, bisa meranjak naik.

“Pemerintah harus memberikan apresiasi, kampanye lah supaya orang ke bioskop. Pak Jokowi, kalau enggak amburadul perfilman kita,” ujar Djonny

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close