BeritaEkonomiEnergiInternasionalNasionalOtomotifSains & Tek

Sri Mulyani : Mobil Listrik Akan Dominasi Kendaraan Dunia

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kendaraan elektrik berbasis baterai atau mobil listrik akan menjadi keniscayaan di dunia ini.

“Kita lihat tren battery electric vehicle itu memang menjadi keniscayaan. Meskipun dalam hal ini ada debat dari konvensional, jadi hybrid, baru full battery electric vehicle (BEV),” ujar dia.

Sri Mulyani mengatakan belakangan ini kesadaran akan lingkungan mulai meningkat di seluruh dunia. Dengan demikian tren kendaraan bermotor akan mengalami transformasi sangat pesat, khususnya dari kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaraan elektrik berbasis baterai.

“Yang diperkirakan mendominasi kendaraan bermotor di seluruh dunia.”ucapnya.

Di sisi lain, Sri Mulyani mengatakan Indonesia dianggap menjadi pusat dari bahan baku baterai mobil, yaitu nikel. Sehingga, ia mengatakan Tanah Air harus merespon dengan melakukan hilirisasi seiring dengan teknologi kendaraan listrik yang terus bertransformasi.

“Karena kita juga dari sisi timing tidak bisa menunggu lama karena bisa saja berubah teknologinya,” kata Sri Mulyani.

“Indonesia menghasilkan nikel dengan reserve terbesar dan produsi terbesar tentu merupakan suatu negara yang menjadi pusat perhatian pembangunan BEV atau baterai itu sendiri.”sambungnya.

Untuk itu, Sri Mulyani mengatakan pemerintah berkomitmen untuk memanfaatkan tren teknologi global ini, yang juga seiring dengan isu perubahan iklim.

“Dengan kemampuan kita membangun dan meningkatkan daya kompetitif industri otomotif berbasis baterai.”katanya.

Sri Mulyani menjelaskan pasar mobil listrik masih berpusat di Cina dan Amerika Serikat. Sementara, kendaraan hybrid paling besar di Indonesia. Adapun penjualan kendaraan listrik di Indonesia masih sangat rendah.

“Ini karena masih tahap early dan dari faktor perpajakan akan lihat, serta infra pendukung BEV,” tutur Sri Mulyani. Berdasarkan data pemerintah, penjualan mobil listrik pada 2020 baru mencapai 120 unit. Sedangkan untuk hybrid terjual 1.108 unit sepanjang Januari hingga Desember 2020.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close