BeritaRegional

Sebanyak 45.546 Lansia di Jakarta Telah Mendapatkan Vaksinasi Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta — Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, sudah ada 45.546 warga lanjut usia (lansia) yang berhasil mendapatkan vaksinasi covid-19 dosis pertama pada 19 Februari hingga 2 Maret 2021 kemarin.

“Artinya, jumlah lansia yang sudah divaksin mencapai lima persen dari target,” ujar Widyastuti, Kamis (04/03/2021).

Widyastuti mengatakan, target vaksinasi virus corona bagi lansia di DKI Jakarta mencapai 911.631 orang, proses vaksinasi bagi lansia ini berjalan cukup lambat karena banyak yang tidak memenuhi syarat untuk divaksin.

“Dari hasil screening oleh petugas kesehatan, kondisi medis pasien lansia ada yang belum memungkinkan untuk di vaksin,” ungkapnya.

Adapun sebanyak 2.010 warga berumur yang ditunda proses vaksinasinya. Kemudian, 231 lansia lainnya tidak dapat divaksin lantaran tak memenuhi syarat.

“Umumnya karena komorbid (penyakit bawaan),” papar dia.

Ia menyampaikan, program vaksinasi tahap kedua bagi kelompok lansia masih berlangsung di lima wilayah kota Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pelayanan vaksinasi dilakukan di fasilitas kesehatan milik Pemprov DKI seperti puskesmas kelurahan, puskesmas kecamatan, dan rumah sakit umum daerah (RSUD).

“Pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi lansia dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan,” ucap dia.

Untuk lansia yang ingin disuntik vaksin dapat mengisi formulir pendaftaran melalui website dki.kemkes.go.id. Kemudian, mereka tinggal menunggu pemberitahuan dari puskesmas/RSUD terkait lokasi dan penjadwalan vaksinasi untuk menghindari kerumunan.

“Lansia yang akan divaksin harus dalam kondisi sehat dalam tujuh hari terakhir, tidak batuk, pilek, demam, atau sesak nafas,” tutupnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close