Kesehatan

Pertama Dalam Sejarah, Kemenkes Indonesia dan Jerman Deklarasi Kerja Sama Kesehatan

BIMATA.ID, Jakarta- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia dan Jerman sepakat untuk melakukan kerja sama kesehatan. Sektor peralatan medis dan farmasi akan menjadi prioritas pada deklarasi bersejarah ini.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Sekretaris Parlementer Negara Bagian Kementerian Kesehatan Republik Federal Jerman Sabine Weiss, MdB menandatangani deklarasi ini secara virtual. Deklarasi kesehatan ini adalah yang pertama kalinya antara Indonesia dan Jerman.

Dokter dari kedua negara akan saling belajar, dan Jerman juga membuka pintu bagi produk kesehatan Indonesia.

“Ilmuwan Jerman akan bersemangat untuk belajar dari pengalaman Indonesia dan sebaliknya. Perusahaan Jerman siap berperan dalam modernisasi sistem kesehatan Indonesia, karena kami juga mendorong perusahaan Indonesia untuk memasarkan inovasinya di Jerman,” Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia Dr. Peter Schoof berdasarkan rilis resmi Kemenkes, dikutip Senin (1/3/2021).

Deklarasi bersama ini akan fokus pada bidang-bidang seperti pelayanan kesehatan, pencegahan dan pengendalian penyakit, kesehatan masyarakat, farmasi dan alat kesehatan, serta pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Menkes Budi berharap deklarasi bersama ini bisa menghasilkan manfaat mengingat pentingnya kerja sama internasional di bidang kesehatan, terutama akibat terjadinya pandemi COVID-19.

“Pandemi COVID-19 telah memberi kami pengalaman penting dan kerja sama internasional akan membawa kita bersama untuk memerangi pandemi ini dengan sukses,” kata Menkes Budi.

FID

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close