BeritaBisnisHukumLifestyleMusikNasionalOlahragaUmum

Menparekraf : Kapolri Memberi Izin Gelaran Acara Olahraga, Musik, MICE dan Budaya

BIMATA.ID, Jakarta – Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) memberi kabar baik. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan izin untuk gelaran acara yang dihadiri banyak orang, dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Sandi mengatakan, keputusan itu disampaikan setelah dirinya bersama Sigit menggelar rapat virtual pada Selasa (9/3). Beberapa kegiatan yang akan mendapat izin ialah olahraga, musik, MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions) serta acara kebudayaan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolri beserta jajarannya, karena hasil daripada video conference call kemarin mendapat respons yang sangat positif dari pelaku industri event, baik itu penyelenggara event di bidang olahraga, musik, MICE dan event-event berbasis budaya,” ungkap Sandiaga Uno, dalam keterangannya, Selasa (9/3).

Kegiatan yang akan digelar tentu harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, pelaksanaan kegiatan harus memenuhi unsur CHSE, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

“Pernyataan Bapak Kapolri membangkitkan harapan, ini tugas kami untuk terus menebar optimisme bahwa kita harus segera bangkit,” tambahnya.

Pelaksanaan berbagai kegiatan yang diizinkan harus mengedepankan pemanfaatan teknologi. Acara dapat digelar dengan beberapa syarat.

Status lokasi kegiatan diklasifikasikan dalam tiga zona, yakni zona merah, zona kuning, dan zona hijau.

Sandi menjelaskan, apabila lokasi acara berstatus zona hijau, kegiatan dapat dilaksanakan terbuka dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Sedangkan apabila lokasi acara berstatus zona kuning, acara digelar dengan mengadopsi konsep hybrid, yakni dibuka terbatas serta virtual.

“Dan seandainya tidak dalam posisi untuk dilakukannya kegiatan (zona merah), maka akan ada opsi untuk menjalankan kegiatan tersebut melalui virtual,” papar Sandiaga Uno.

“Fleksibilitas inilah yang mudah-mudahan teman-teman event yang bisa membangun,” jelasnya.

Terkait penyelenggaraan acara, pihaknya akan bersinergi dengan Polri, Satgas COVID-19, Kementerian Kesehatan serta Pemerintah Daerah guna memastikan kegiatan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Mengingat, seluruh kegiatan tersebut memiliki risiko yang tinggi terhadap penularan virus.

“Pada intinya kami menyambut ini sebagai satu titik terang, secercah harapan agar kegiatan di sektor ekonomi kreatif, terutama berkaitan dengan penyelenggaraan event bisa berlangsung kembali,” jelas Sandiaga Uno.

“Gentelman start your engine with street compliance to health protocol,” tutupnya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close