EkonomiOpiniOpiniUmum

Membangun Ekonomi Melalui Masyarakat Berdaya

BIMATA.ID, Jakarta – Masyarakat berdaya adalah masyarakat yang mampu memanfaatkan semua potensi kekuatan yang ada di dalam diri dan di sekitarnya. Kekuatan itu dimanfaatkan untuk membuat mereka tidak bergantung kepada masyarakat lainnya. Sikap yang diperlihatkan masyarakat berdaya adalah hidup tegak dengan berpijak pada kesadaran dan aspirasi sendiri sehingga tidak mudah diombang-ambingkan pihak lain.

Masyarakat berdaya mampu untuk menjadikan skill, kemampuan, keterampilan, kreatifitas sebagai modal dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Mereka melihat sumber daya yang ada dalam dirinya sebagai landasan dalam melangsungkan kehidupan agar tidak menjadi beban bagi pihak lain. Masyarakat berdaya senantiasa berusaha memahami situasi perubahan-perubahan yang ada di sekitarnya baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Perubahan-perubahan itu dimanfaatkan untuk melakukan pengembangan diri.

Dengan menjadi masyarakat yang berdaya diharapkan bisa menjadi penggerak bagi masyarakat lainnya. Bahkan nantinya bisa menjadi penggerak dalam kehidupan berbangsa dan pada akhirnya tumbuh menjadi bangsa terhormat. Dengan begitu ada timbal balik yang bisa diberikan kepada pihak lain yang memerlukan bantuan, terutama bagi elemen masyarakat yang paling terkecil.

Ketika sudah terbentuk masyarakat berdaya, hal yang dengan mudah di bangun adalah Ekonomi, masyarakat yang berdaya dapat memberi manfaat dari segi ekonomi, karena mereka dapat mengelola, memanfaatkan, mengolah sumber daya yang ada. Penciptaan masyarakat berdaya adalah kebutuhan semua masyarakat pada saat ini, karena masyarakat yang berdaya dapat menjadikan ekonomi sejahtera.

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close