Umum

Legislator Gerindra Jawa Barat Bantu Ciptakan Lapangan Kerja Bagi Anak Muda

BIMATA.ID, Kuningan  – Banyaknya warga yang mengeluh kehilangan lapangan pekerjaan dampak Pandemi Covid-19, ditanggapi langsung oleh Anggota Fraksi Gerindra Persatuan DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Tina Wiryawati, SH.

Dalam kegiatan Reses II Tahun Sidang 2020-2021 Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Tina Wiryawati menyampaikan beberapa upaya yang telah difasilitasi untuk membantu keluhan warga Kabupaten Kuningan di masa pandemi ini.

Tina menyebutkan telah tiga kali turun ke wilayah Kelurahan Awirarangan, dengan beberapa kegiatan, seperti bakti sosial, reses pertama dan reses kedua. Selain itu Tina juga melakukan kegiatan reses di Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya. 

“Beberapa kali Saya menangkap masukan, terutama dari rekan-rekan generasi muda yang berharap adanya penciptaan lapangan pekerjaan akibat banyak yang terdampak Covid-19,” ujar Tina di Aula Kelurahan Awirarangan, Senin (1/3/2021). 

Menanggapi hal tersebut, pihaknya langsung menindaklanjuti dengan upaya penyerapan lapangan kerja dengan menghadirkan Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata (Stiepari) Semarang. 

“Saya ingin membantu warga Kuningan yang terdampak Covid-19 ini, salah satunya melalui program kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Semarang yang sudah MoU dengan Pemkab melalui Dinas Tenaga Kerja,” ujar Tina Anggota DPRD Jabar Dapil 13 melingkupi Kabupaten (Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran). 

Melalui program tersebut, Tina mengatakan, telah diikuti sebanyak 32 pemuda-pemudi lulusan SMK di Kuningan dan sudah berhasil dipekerjakan.

“Lulusan SMK tersebut di training di sana selama 3 minggu, yang besar kesempatan untuk ditempatkan kerja. Alhamdulillah sudah ada 32 orang dipekerjakan di sana dengan UMR Provinsi Jateng, Gajinya sekira Rp 3,5 – 4 juta. Mereka pun ikut melanjutkan kuliah di sana, selain mendapat pengalaman kerja, dan skill mereka juga mendapat ijazah kependidikan,” kata Tina. 

Bagi Tina, Awirarangan bukan daerah yang baru dikenalnya. Pihaknya menyebutkan akan terus memberikan fasilitasi bantuan agar bisa diserap di Kelurahan Awirarangan.

“Meskipun banyak program yang di refocusing atau dipangkas untuk memprioritaskan bagi penanganan Covid-19, sedikit demi sedikit Saya akan tetap memberikan perhatian pada masyarakat. Kalau ada program yang memang sudah terencana dari hasil Musrenbang, Insya Allah bisa dibantu difasilitasi,”  sebutnya. 

Sementara, Kepala Kelurahan Awirarangan, Romli mengatakan bahwa kedatangan Anggota DPRD Provinsi di antara warganya, pasti akan menambah tali persaudaraan dan kekeluargaan dengan warga Awirarangan.

Sehingga ke depan, lanjut Romli, legislator tersebut tidak akan ragu dalam memberikan program untuk kemajuan masyarakat.

“Saat ini Kami melalui Karang Taruna IPMA ingin membangun masyarakat. Kekompakkan warga Awirarangan terutama generasi mudanya sangat baik. Bahkan untuk mencapai satu tujuan positif bagi masyarakat, pemuda Awirarangan akan memperjuangkannya apapun tantangannya,” terang Romli. 

Bahkan, Romli menambahkan, Kelurahan Awirarangan dari dulu dikenal sebagai “Negara Beling”, saat ini istilah itu telah dirubah menjadi singkatan Bener dan Eling.

“Dengan perubahan paradigma ini, semoga kekompakan warga bisa menjadi spirit dalam pembangunan masyarakat di Awirarangan,” ujarnya. 

Sementara, pantauan dalam kegiatan tersebut. Warga menyampaikan aspirasinya kepada Anggota DPRD Provinsi Jabar, Hj Tina Wiryawati, SH. Selain itu, mereka pun menyampaikan keinginannya untuk melakukan normalisasi sungai Citamba.

(Rilis/Usman)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close