Berita

Kemenkes : Rendahnya Partisipasi Warga Lansia Untuk Vaksinasi Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta — Juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, mengatakan,partisipasi warga lanjut usia (lansia) dalam program vaksinasi pemerintah masih tergolong rendah dibandingkan kelompok usia lainnya.

“Kami lihat bahwa lansia masih sangat rendah partisipasinya,” ujar Siti Nadia (31/03/2021).

Nadia meminta keluarga, tetangga, dan kerabat segera membantu lansia mengikuti program vaksinasi Covid-19 pemerintah. Ia curiga rendahnya partisipasi lansia terkait erat dengan sosialisasi terkait vaksinasi Covid-19.

“Mungkin, informasi atau sosialisasi, bahkan juga proses registrasi pendaftaran yang kita lakukan secara elektronik itu tidak diketahui para usia di atas 60 tahun,” ucapnya.

Kemenkes telah banyak membuka sentra vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lansia di sejumlah kota di Indonesia. Para lansia hanya perlu dengan mendaftar secara online dan membawa KTP ketika datang ke sentra vaksinasi.

“Kalian tidak perlu lagi melaksanakan vaksinasi berdasarkan domisili atau pun KTP masing-masing. Di semua daerah, kalian bisa melaksanakan vaksinasi dengan membawa KTP yang (kalian) miliki,” tutur Nadia.

Diketahui, vaksinasi tahap II menargetkan 21,5 juta lansia. Pangkalnya, kelompok ini tergolong rentan terpapar dan berisiko lebih besar mendapat perawatan intensif, mengalami gejala berat, hingga meninggal dunia.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close