Berita

Kemendikbud Menyatakan Risiko Peserta Didik Terinfeksi Covid-19 Lebih Rendah

BIMATA.ID, Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam Rapat Kerja Komisi X DPR menyebutkan hasil riset menunjukkan peserta didik dalam kelompok usia 3-30 tahun memiliki risiko terinfeksi covid-19 yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok usia lainnya.

“Hasil riset menunjukkan risiko terinfeksi covis-19, orang muda apalagi anak muda sangat kecil,” ujar Nadiem,Jumat (19/03/2021).

Peserta didik, pendidikan dan tenaga kependidikan dalam kelompok usia 31 hingga 59 tahun dan lebih dari 60 tahun memiliki faktor risiko yang secara signifikan lebih tinggi terhadap covid-19.

“Pendidikan dan tenaga kependidikan memiliki kerentanan tertinggi terhadap covid-19,” jelas dia.

Nadiem menjelaskan hasil riset global menemukan bahwa anak yang terinfeksi covid-19 memiliki risiko yang lebih ringan dan transmisi pada anak bukan di sekolah tapi antara dewasa dan anak. Anak lebih banyak tertular dari orang dewasa.

“Jadi bukan pada saat pembelajaran tatap muka di dalam ruang kelas, melainkan transmisi pada anak lebih banyak terjadi pada aktivitas sosial di luar ruang kelas,” tambah dia.

Dalam upaya akselerasi pembelajaran tatap muka, pendidik dan tenaga kependidikan adalah pihak yang membutuhkan perlindungan.

Nadiem menjelaskan bahwa Indonesia merupakan satu di antara empat negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik yang belum melakukan pembelajaran tatap muka secara penuh. Sementara 23 negara lainnya sudah melakukan pembelajaran tatap muka.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close