BeritaEkonomiPerkebunanPertanianRegional

Kelompok Tani di Aceh Timur Panen Ubi Ratusan Ton

BIMATA.ID, Aceh Timur- Kelompok tani Sakap Merah, yang merupakan kelompok tani binaan PT Medco E&P Malaka, panen perdana ratusan ton ubi kayu di Desa Blang Nisam, Kecamatan Indra Makmu, Aceh Timur, Kamis (18/03/2021).

Ikut serta dalam panen perdana itu, Field Relation Manager Medco E&P Rivian Pragitta Oktara, perwakilan Muspika Indra Makmu, penyuluh pertanian Sofyan, dan anggota Kelompok Tani Sakap Merah.

Kelompok tani ini, memanfaatkan sekitar 12 hektar lahan tidur di sekitar wilayah operasi perusahaan migas tersebut yang penanaman sejak Maret 2020 lalu dengan mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari PT Medco.

VP Relation & Security Medco E&P Arif Rinaldi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat Medco E&P Malaka yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Pasar untuk ubi kayu ini cukup tersedia, terutama bagi pabrik dan usaha keripik. Karena itu hasil panen ubi ini sangat diminati oleh beberapa pabrik dan produsen makanan ringan di sekitar wilayah tersebut,” ungkap Arif Rinaldi seraya berharap hasil panen ubi ini dapat meningkatkan penghasilan petani.

Syarifuddin perwakilan dari kelompok tani, mengucapkan terima kasih kepada PT Medco, yang membantu sejak pembukaan lahan tidur, pelatihan, pendampingan hingga berhasil memberikan keuntungan bagi masyarakat.

Keuchik Blang Nisam Rusli Usman sangat bersyukur dengan program ini sangat membantu ekonomi masyarakat.

“Saya berharap program ini terus berkembang di lahan lain dan pemerintah mendukung pemasaran dengan harga baik,” harap Rusli.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close