BeritaKesehatanNasional

Jokowi Perintahkan Agar Vaksin AstraZeneca Didistribusikan

BIMATA.ID, Sidoarjo – Kunjungan Presiden Jokowi hari ini ke Sidoarjo, Jawa Timur hari ini dalam agenda meninjau vaksinasi massal. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan sudah berbicara dengan para Kiai di Jatim terkait vaksin AstraZeneca.

“Tadi pagi saya sudah bertemu dengan MUI Jatim, bertemu dengan para kiai di provinsi Jatim mengenai vaksin AstraZeneca. Beliau-beliau tadi menyampaikan bahwa Jatim siap diberi vaksin AstraZeneca,” kata Jokowi di Pendopo Delta Wibowo, Sidoarjo, Senin (22/3).

Jokowi menambahkan, dirinya telah memerintahkan Menkes Budi Gunadi Sadikin agar segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca.

“Saya sudah perintahkan pada Menkes untuk segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca di Jatim dan provinsi-provinsi lain,” kata Jokowi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan telah menyatakan bahwa vaksin AstraZeneca dapat digunakan di Indonesia dan telah mengantongi izin penggunaan darurat (EUA). BPOM juga menjelaskan vaksin AstraZeneca tidak terkait dengan resiko penggumpalan darah secara keseluruhan (tromboemboli) pada orang yang menerima vaksin tersebut.

Di sisi lain, MUI juga telah menyatakan bahwa vaksin AstraZeneca masih boleh digunakan.

“Pertama, kita tahu korban pandemi COVID ini cukup banyak sudah sampai ribuan. Di bulan Februari dan Maret aja per bulannya sudah 210 yang jadi korban wafat gara-gara pandemi ini. Kita punya target menyelesaikan pandemi ini dengan cara vaksinasi,” kata Ketua MUI, Kiai Cholil Nafis.

 

YA

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close