Berita

Jelang Libur Isra Miraj PT KAI Daop 6 Yogyakarta Menambah Dua Perjalanan Kereta Api

BIMATA.ID, Yogyakarta — PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta menambah dua perjalanan kereta api pada liburan Isra Miraj mendatang. Penambahan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Manager Humas PT KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan, tambahan perjalanan kereta api mulai Kamis (11/03) hingga Minggu (14/03).

“Penambahan dua kereta api yakni kereta Kertanegara yang melayani Malang-Purwokerto (PP), dan kereta Mutiara Timur yang melayani Ketapang-Yogyakarta (PP),” kata dia di Yogyakarta, Selasa (09/03/2021).

Ia melanjutkan, tren perjalanan penumpang jarak jauh akhir-akhir ini meningkat. Khususnya pada liburan akhir pekan atau libur hari besar.

“Penumpang cenderung meningkat sekitar 3.000 per hari. Makanya, pada libur panjang ini kami sediakan tambahan, bila sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang,” terangnya.

Sebelumnya, PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga menambahkan perjalanan pada akhir pekan kemarin, Minggu (07/03/2021) dengan kereta api Senja Utama Yogyakarta juga sebagai antisipasi lonjakan penumpang.

Supriyanto menegaskan pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan di semua perjalanan. Hanya penumpang dengan kondisi sehat yang diperbolehkan bepergian.

Pihaknya pun membatasi jumlah penumpang 70 persen dari kapasitas agar tidak menimbulkan kerumunan.

“Selain pengaturan jarak saat berada di kereta api. Kami pun, melengkapi simbol-simbol penanda pengaturan jarak di tiap gerbong agar masyarakat tidak lupa untuk mengutamakan kesehatan,” ujarnya.

Berdasarkan catatan DAOP 6, saat ini terdapat 28 perjalanan jarak jauh dan 2 kereta api yang melayani jarak Joglosemar Kerto.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close