BeritaNasionalPolitikRegional

Istana Presiden di Ibu Kota Baru Akan Dibangun April 2021

BIMATA.ID, Kalimantan Timur – Pembangunan yang direncanakan di Ibu Kota Baru makin menguat, salah satunya wacana pembangunan Istana Negara. Trobosan baru kantor presiden ini dikabarkan akan dimulai pada tahun 2021.

Pembangunan Istana Negara ini mengadopsi desain ‘Nagara Rimba Nusa’. Hal tersebut mengacu pada sayembara desain IKN yang pernah digelar pemerintah.

Konsep ini dirancang oleh tim Urban+ yang dimotori arsitek bernama Sibarani Nofian. Gedung kepresidenan yang mereka namai Astana Indonesia Raya ini berhasil menjadi pemenang satu sayembara IKN.

Desain bangunan ini dikabarkan mengadopsi lebih dari satu rumah adat. Atap yang menjulang lancip dan terdapat lambang burung garuda menjadi ciri khas dari bangunan ini.

Dari konsep yang ada, kompleks ini disertai juga adanya Gedung eksekutif, legislatif, sampai yudikatif.

Tidak hanya itu, nantinya juga akan terdapat Danau Pancasila dan Plaza Bhineka Tunggal Ika. Plaza Bhineka Tunggal Ika ini dibuat dengan konsep merayakan keberagaman budaya setiap provinsi yang ada di Indonesia. Plaza ini kedepannya akan menjadi pusat sosial dan edukasi pengunjung.

Dilansir dari Kumparan.com, groundbreaking Istana negara yang berada di ibu kota baru akan mulai dibangun pada April 2021.

Hal itu juga dilontarkan oleh Suharso Monoarfa selaku Menteri PPN/Kepala Bappenas. Suharso mengatakan, ada kemungkinan upacara HUT RI tahun 2024 akan dilaksanakan di ibu kota baru.

“Tanggal 17 Agustus 2024 itu Presiden bisa melaksanakan 17 Agustus itu di ibu kota negara baru,” katanya.

 

 

YA

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close