BeritaHeadlinePolitik

Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul, Gerindra: Itu Bukti Masyarakat Apresiasi Kinerja Beliau Sebagai Menhan

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Habiburokhman, menanggapi Prabowo Subianto yang unggul dalam survei elektabilitas calon Presiden (Capres) versi Charta Politica.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) ini menilai, tingginya elektabilitas Prabowo karena masyarakat mengapresiasi kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI.

Pria kelahiran Lampung, 17 September 1974 ini memandang, hasil survei Charta Politica menjadi penyemangat bagi Partai Gerindra. Ia optimis akan masa depan Prabowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Ya kami memandang positif hasil survei tersebut, setidaknya itu bukti bahwa masyarakat mengapresiasi kinerja Pak Prabowo sebagai Menhan,” ujar Habiburokhman, Senin (29/03/2021).

Namun, Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi DKI Jakarta I ini enggan berspekulasi soal masa depan Prabowo sekaligus keterlibatannya di Pilpres 2024. Pasalnya, Prabowo masih fokus menjalankan amanah yang diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Pilpres 2024 masih lama banget, kami belum berfikir soal sikap politik kami di tahun itu,” imbuh Habiburokhman.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan ini menuturkan, Partai Gerindra saat ini juga tengah menguatkan peran di berbagai sektor. Ia berharap, kinerja positif Partai Gerindra untuk masyarakat akan berdampak pada naiknya elektabilitas di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Saat ini kami lebih memilih berkonsentrasi melakukan pembangunan partai secara maksimal. Di sisi lain, kami juga harus memastikan bahwa kinerja kaki baik di Eksekutif maupun Legislatif harus benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat,” tutur Habiburokhman.

Diketahui, survei menunjukkan Prabowo Subianto berada di urutan pertama Capres terpilih dengan 22,2 persen. Lalu disusul Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 20 persen dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan 14,2 persen. Berikutnya, yakni Sandiaga Uno dengan tingkat keterpilihan sebesar 12,7 persen dan Ridwan Kamil sebesar 9,2 persen.

Responden diberi pertanyaan jika Pilpres dilakukan saat ini akan memilih siapa. Survei tersebut dilakukan dengan simulasi lima nama calon yang akan menjadi Presiden.

Margin of error sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada periode 20-24 Maret 2021. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun atau telah memenuhi syarat pemilih.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close