Berita

Ditargetkan Selesai Mei 2021 Uji Praklinis Vaksin Merah Putih

BIMATA.ID, Jakarta — Wakil Menteri (Wamen) Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menjelaskan, pengembangan Vaksin Merah Putih memasuki uji praklinis, diperkirakan tahapan yang dikerjakan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman selesai beberapa bulan ke depan.

“Prediksi ke depan shift vaksin yang dilakukan oleh Lembaga Eijkman itu mencapai uji praklinis itu kira-kira April hingga Mei 2021,” kata Dante, Rabu (10/02/2021).

Jika memenuhi ketentuan, Vaksin Merah Putih bakal memasuki uji klinis tahap I. Fase tersebut diprediksi dimulai pertengahan 2021.

“Uji klinis pertama mudah-mudahan kita bisa kejar sampai nanti pada Juni 2021,” ungkap dia.

Pemerintah berharap banyak terhadap pengembangan Vaksin Merah Putih. Vaksin produk dalam negeri ini sangat dibutuhkan menjamin imunogenisitas masyarakat melawan covid-19.

Vaksin Merah Putih bakal mewujudkan ketahanan vaksin. Sebab, Indonesia masih bergantung pada impor, baik itu dalam bentuk jadi atau bahan baku.

“Program Vaksin Merah Putih ini sebagai salah satu independensi kita di bidang kesehatan untuk mencapai herd immunity pada tahap ke depan,” Pungkas Dante.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close