Politik

Anggota DPRD Jabar, Fasilitasi  Pemuda Kota Banjar Menjadi Barista

BIMATA.ID, Jawa Barat –  Bisnis kopi saat ini menjadi usaha yang menjanjikan. Di tiap-tiap kota sudah banyak tersebar kedai-kedai kopi yang menawarkan berbagai macam jenis kopi, mulai dari yang termurah hingga yang termahal. 

Maraknya berbagai kedai kopi di setiap sudut kota ini tentunya akan dibarengi pula dengan meningkatkannya permintaan terhadap barista alias si peracik kopi. Ya,. seiring dengan menjamurnya kedai kopi, maka profesi barista pun banyak dicari. 

Menurut, Anggota DPRD Jabar Tina Wiryawati bahwa pelatihan barista merupakan salah satu program kerja dibawah naungan Tina Wiryawati Center (TWC). 

Pihaknya berharap, dengan pelatihan barista bisa memberikan dampak positif untuk kemajuan para pemuda, khusus pengurus Karang Taruna di Kota Banjar. 

“Saya berharap, pelatihan barista ini menjadi modal dasar untuk meningkatkan kemampuan dalam hal meracik kopi. Selain kita menikmati kopi, tentunya juga dapat menyajikan kopi yang rasanya lebih nikmat dan dapat dirasakan oleh penikmat kopi-kopi di daerah,” tutur Tina, Senin (22/3/2021). 

Tina juga berharap, pelatihan barista tidak hanya dilakukan oleh Karang Taruna di Kota Banjar saja. Melainkan juga, di dapil Jabar 13 yang melingkupi Kabupaten (Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran). 

“Mudah-mudahan pelatihan barista ini bisa dilakukan oleh teman-teman Karang Taruna di daerah-daerah. Sehingga mereka nantinya bisa membuat kedai kopi dan bisa meningkatkan kesejahteraan pengurus,” harapannya. 

Sementara, ketua Karang Taruna Sindhuwangi Kelurahan Banjar, Deni Herdiandi mengungkapkan ternyata tidak mudah untuk menjadi seorang barista. 

“Barista diharuskan mempelajari metode penyeduhan, termasuk membuat busa, buih dan susu uap untuk campuran berbagai macam minuman berbasis espresso sampai menyiapkan minuman kopi,” ungkapnya. 

Selain itu, lanjut Deni, Barista juga harus mahir dalam menggunakan mesin peracik kopi. Sehingga dapat menciptakan rasa yang berbeda dengan barista-barista lainnya. 

“Ya, kami sengaja ke Bandung untuk mengikuti pelatihan barista yang difasilitasi oleh Anggota DPRD Hj Tina Wiryawati. Selama dua hari, kami dilatih dan diberi pengetahuan serta keterampilan dalam meracik kopi oleh barista profesional di kota kembang yakni Kang Reza yang sudah terkenal,” pungkasnya.

RILIS/USman

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close