Umum

Moreno Tampung Aspirasi Masyarakat Sukun Terkait Sekolah Lansia

BIMATA.ID, Jawa Timur — Moreno Soeprapto beserta jajaran Tim Moreno Champion Center (MCC) melakukan kegiatan reses di beberapa titik wilayah Kota Malang. 

Di tengah-tengah kegiatannya, Sam Moreno banyak bertemu dengan warga. Ia berbincang, mendengar langsung curhatan dan aspirasi masyarakat Kota Malang yang bertahan di tengah situasi pandemi.

Di Kecamatan Sukun, di sela-sela Sam Moreno melaksanakan dialog interaktif dengan warga setempat, salah seorang Ibu atas nama Susan menyampaikan ide dan gagasannya yang berkaitan dengan keinginannya untuk membuka Sekolah Lansia. 

“Saya hanya ingin mengajak Pak Moreno bekerja sama. Barangkali Pak Moreno tertarik dan turut serta dapat membantu kami, baik itu secara moril maupun materil”. Ungkap Susan tatkala membuka dialognya dengan Sam Moreno.

Dia menuturkan rencananya untuk membuka sekolah lansia, dimana para lansia yang sudah memiliki keterbatasan bisa menjadi kembali bersemangat dan melahirkan banyak karya.

“Sudah lama kami (warga sukun) yang lansia ini ingin membuka Sekolah Lansia. Di sana kami akan mendidik para Lansia untuk tetap berkarya di usia senja. Melahirkan karya-karya yang bermanfaat.” Lanjut Susan. 

Sam Moreno yang mendengarkan ide dan gagasan tersebut langsung merespon dengan spontan dan tertarik untuk menjadi bagian dari pengejawantahan ide tersebut.

“Ide ini baru saya dengar, terus terang saya sangat tertarik” Sasar Sam Moreno penuh takjub. 

“Saya bangga dengan ibu-ibu dan bapak-bapak yang ada di Kecamatan Sukun, Kelurahan Tanjungrejo. Ide ini saya tampung. Saya kira di Kementerian Sosial dan dinas terkait ada bidang-bidang yang mengampuh urusan Lansia.” Lanjut Sam Moreno.

AnggotaMenurut Sam Moreno, kedepan ide ini harus benar-benar direalisasikan dengan melibatkan dinas terkait apalagi kata dia ada garansi dan jaminan negara yang tertuang dalam UU tentang persoalan lansia. 

“Saya terharu, saya ingin melihat wajah-wajah bapak/ibu lansia bisa tersenyum di usia senja.” Persoalan lansia, seingat saya telah diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 1998, Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia”, ungkap Sam Moreno yang mempertegas bahwa ide pembuatan Sekolah Lansia adalah ide yang harus diseriusi oleh pemerintah setempat maupun pemerintah pusat.

Rilis/Usman

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close