Regional

Vaksinasi Covid-19 ke Pedagang Pasar Dilakukan Awal Maret

BIMATA.ID, Yogyakarta — Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menjelaskan program vaksinasi Covid-19 massal bagi masyarakat umum di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan berlangsung awal Maret 2021 untuk gelombang pertama vaksinasi akan menyasar para pedagang.

“Akan digelar kurang lebih sekitar empat hari,” ujar Sri Sultan saat bertemu dengan Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin di kediaman Sri Sultan HB X Ndaleman Kilen Keraton Yogyakarta, Senin (22/02/2021).

Terdapat tiga tempat yang akan digunakan untuk vaksinasi massal yakni Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali.

Tercatat sebanyak 19.897 jiwa menjadi target yang akan divaksin. Jumlah tersebut terdiri dari 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 pedagang sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di sepanjang kawasan Malioboro.

“Vaksinasi akan diberikan kepada seluruh pedagang pasar tanpa terkecuali, termasuk pedagang keliling, pedagang los, buruh, pedagang kaki lima, semuanya,” jelas Sultan HB X.

Seluruh nama dan data diri calon penerima vaksin sudah lengkap Pelaksanaan vaksin akan dilakukan oleh Pemda DIY bersama pemerintah Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Menkes Budi mengatakan, pihaknya menyetujui pemberian vaksin massal untuk pedagang pasar lantaran termasuk golongan yang rentan terserang Covid-19.

“Kita lihat kalau mereka kan sering ketemu dengan banyak orang seperti langganannya. Oleh karena itu kita akan vaksinasi mereka,” terangnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close