EkonomiBeritaNasional

Rizal Ramli: Program PEN Hasilnya Memble

BIMATA.ID, Jakarta- Ekonom Senior, Rizal Ramli mengkritik kebijakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang tengah digencarkan oleh Pemerintahan Jokowi. Dia menilai anggaran yang menghabiskan ratusan triliun itu tidak memperlihatkan hasil secara signifikan.

“Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan dana dan kewenangan super besar hasilnya memble karena tidak fokus,” tulisnya dikutip dari akun Twitternya @RamliRizal, Kamis (04/01/2021).

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaannya realisasi program PEN juga banyak ditemukan hal yang kontradiktif.

“Banyak kontradiksi: beri stimulus, tapi kredit negatif & daya beli diplojotin: BPJS naik, pajakin token & pulsa. Tidak ada Dirigen ekonomi,” tulisnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencatat, realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sudah mencapai Rp579,78 triliun hingga posisi per 31 Desember 2020. Angka itu setara dengan 83,4 persen dari total pagu sebesar Rp695,2 triliun.

“Di dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pemerintah membagi menjadi 6 bagian kebijakan,” kata Sri Mulyani dalam acara Refleksi Awal Tahun 2021.

 

(Bagus)

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close