Regional

Parekraf DKI Siapkan 6 Hotel Untuk Pasien Covid-19 dan Menunggu Kesediaan Jumlah Tenaga Kesehatan

BIMATA.ID, Jakarta — Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI, Gumilar Ekalaya Mengatakan, ada enam tambahan hotel bintang tiga yang dirombak menjadi tempat isolasi pasien covid-19 untuk orang tanpa gejala (OTG).

Pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI untuk menyiapkan tenaga medis yang Nantinya mereka akan ditugaskan merawat pasien selama menjalani isolasi di hotel tersebut.

“Jadi kami masih menunggu tenaga medis yang akan stay di hotel-hotel tersebut Karena di setiap hotel untuk OTG itu harus tetap ada dokter dan perawat yang berjaga,” tutur Gumilar, Selasa (02/02/2021).

Pemerintah DKI dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) masih menjajaki kerjasama penggunaan hotel tersebut.

“Ada enam lagi yang siap untuk dibuka, tapi untuk hotel-hotelnya maaf belum bisa kami informasikan,” ujar Gumilar.

Menurutnya, enam hotel tersebut sebetulnya sudah siap dipakai menjadi tempat isolasi pasien tanpa gejala hanya saja kendala yang ditemukan ialah jumlah tenaga kesehatan yang masih terbatas.

Lebih lanjut Gumilar menyampaikan, bila saat ini ada sebanyak 5 hotel yang dijadikan tempat isolasi mandiri pasien covid-19 tanpa gejala.

Kelima hotel itu di antaranya Hotel Grand Asia Penjaringan, Hotel Ibis Senen, Hotel Ibis Style Mangga Dua, Hotel Twin Plaza Slipi, dan Hotel U-Stay Mangga Besar.

Ketersediaan kamar di lima hotel itu saat ini tersisa 10 persen lagi. Secara keseluruhan, jumlah kamar dari lima hotel tersebut sekitar 1.000 kamar.

“Sekitar 90 persenan sudah terisi semua kamar-kamarnya, untuk kapasitas totalnya sekitar 1.000 sekian kamar lah,” ungkapnya.

Dengan penambahan 6 hotel baru ini nantinya jumlah total hotel yang menjadi tempat isolasi mandiri pasien virus corona mencapai 11 unit.

Mengenai pembiayaannya, ucap Gumilar, ditanggung pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Untuk hotel isolasi sudah disampaikan oleh pak Sandi, dia sangat setuju dan sedang diproses anggarannya, jadi sudah dipersiapkan yah,” pungkasnya. 

 

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close