BeritaHeadlinePolitik

Kudeta Demokrat, PKS Dukung Langkah AHY Buka ke Publik

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Badan Kehumasan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, turut menyoroti pernyataan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengaku ada upaya kudeta terhadap kepemimpinan sah Partai Demokrat.

“Partai Keadilan Sejahtera mendukung langkah kawan-kawan Partai Demokrat untuk membuka ke publik. Ini sangat berbahaya bagi praktek demokrasi, karena demokrasi pada dasarnya adalah kedaulatan di tangan rakyat,” ujarnya, dalam akun YouTube pribadi Mardani Ali Sera, Selasa (02/02/2021).

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) ini menilai, ketika penguasa berusaha mengganti kepemimpinan partai politik (Parpol) yang sah dengan cara yang inkonstitusional, maka ini dianggap melanggar etika.

Karena itu, dia meminta AHY untuk mengungkap secara detail ke publik nama-nama yang diduga berencana melangsungkan kudeta terhadap kepemimpinan sah Partai Demokrat.

“Ketika elite berusaha merekayasa, apalagi melakukan kooptasi kepada suatu partai politik itu sudah sangat bertentangan dengan etika dan rasionalitas demokrasi. Saya pribadi mendukung teman-teman Demokrat membuka ke publik angkat ke publik dan siapa pun harus membuat ini transparan,” tutur Legislator daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II ini.

“Karena sekali praktek ini terjadi dan dibiarkan, maka sangat berbahaya buat demokrasi. Partai politik adalah pilar dasar demokrasi. Ancaman kepada partai politik adalah ancaman kepada demokrasi,” tutup Mardani.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close