Politik

Hari Kanker Sedunia, Pira Jabar Ajak Kaum Ibu Ajarkan Pola Hidup Sehat ke Anak

BIMATA.ID, Jawa Barat — Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Provinsi Jawa Barat sebagai organisasi sayap Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengajak kaum Ibu untuk ajarkan pola hidup dan makan makanan sehat pada anak.

Hal itu Ketua Pimpinan Daerah Perempuan Indonesia Raya (PD PIRA) Jawa Barat, Ir. Prasetyawati, MM agar kaum ibu untuk menerapkan dan mengajarkan pola hidup dan makan makanan sehat pada anak sedini mungkin untuk mencegah kanker.

“Hari ini masyarakat internasional memperingati Hari Kanker Anak Sedunia. Setiap tanggal 15 Februari menjadi momen yang dapat mengingatkan masyarakat bahwa ancaman penyakit kanker, tidak hanya menjangkiti orang dewasa namun juga mengintai anak-anak,” Kata Anggota DPRD Provinsi Jawa barat ini.

Berbeda dengan anak-anak lain yang aktif bermain dan belajar, pada anak-anak mengidap kanker aktivitas ini dapat berkurang karena harus rajin terapi dan minum obat agar pertumbuhan sel kanker tidak menyebar ke organ tubuh lain.

“Hingga saat ini penyebab kanker pada anak belum diketahui secara pasti. Namun, kalau si kecil dicurigai terkena kanker, sebaiknya segera membawanya ke Puskesmas, RS atau fasilitas kesehatan lainnya. Tujuannya adalah untuk mengonfirmasi apakah gejala yang dijumpai tersebut benar kanker atau bukan,”tuturnya

Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 (Riskesdas) menunjukkan prevalensi kanker anak umur 0-14 tahun sebesar sekitar 16.291 kasus. Sementara jenis kanker yang paling banyak diderita anak di Indonesia yaitu Leukemia dan kanker bola mata (Retinoblastoma).

“Lebih dari 50 persen kasus kanker pada anak yang datang ke fasilitas kesehatan, sudah dalam keadaan stadium lanjut. Minimnya pengetahuan orang tua tentang kanker, menjadi salah satu penyebab kanker yang diderita anak-anak dalam kondisi stadium lanjut,” terangnya

Peran ibu dalam keluarga harus dikuatkan dengan edukasi soal kanker untuk melakukan edukasi pencegahan penyakit kanker dalam keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Usman

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close