BeritaHeadlinePolitik

Harapan DPR di Hari Pers Nasional 2021

BIMATA.ID, Jakarta Wakil Ketua Dewan Pimpinan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Azis Syamsuddin berharap, agar pers terus berkontribusi mengawal demokrasi dan membantu pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 melalui informasi yang membangun demi kemajuan bangsa.

Hal itu disampaikan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan milad Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-75, yang mengangkat tema ‘Bangkit Dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi’.

“Pers harus selalu menyampaikan informasi yang objektif, membangun, dan mengedukasi masyarakat. Pers harus dapat membantu program Pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui pemberitaan edukasi di tengah masyarakat. Sehingga, terwujudnya Indonesia Sehat dan Percepatan Ekonomi Nasional dapat terwujud,” kata Azis, Senin (08/02/2021).

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Lampung II ini menjelaskan, pers di era reformasi manjadi salah satu pilar demokrasi setelah lembaga Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif. Sehingga, pers merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia untuk melakukan fungsi kontrol terhadap Pemerintah.

“Kita harapkan pers dapat menciptakan kualitas demokrasi yang lebih baik dan terus memperhatikan prinsip etika jurnalistik,” jelas Azis.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga berharap, pers dapat menangkal informasi hoaks yang marak terjadi di sosial media (sosmed) mengenai Covid-19, misalnya soal vaksin dan sebagainya.

Karena itu, dia menekankan, pers sejatinya dapat meluruskan mengenai hoaks tersebut sehingga dapat menciptakan situasi kondusif di tengah masyarakat, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang selama ini dialami di seluruh dunia.

“Pers harus dapat menjadi penyambung informasi yang baik kepada masyarakat. Semoga seluruh insan pers dapat melakukan aktivitasnya dengan selalu menjaga kesehatan dan imun tubuh dengan menerapkan protokol kesehatan. Karena kita harus selalu ingat, bahwa keluarga menanti di rumah,” ujar Azis.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close