Nasional

Toha Dukung Bulog Jadi Badan Pangan

BIMATA.ID, Semarang – Anggota Badan Legislasi DPR RI Mohammad Toha mendukung Perum Bulog menjadi Badan Pangan yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI sesuai amanat UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Demikian disampaikan Politisi PKB ini disela Kunjungan Kerja Baleg DPR mengenai implementasi pelaksanaan UU 18/2012 tentang Pangan, di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu (27/01/2021).

“UU 18 Tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan Pemerintah untuk membentuk Badan Pangan. Saya mendukung, Perum Bulog menjadi Badan Pangan seperti yang dimaksud,” kata Toha.

Menurutnya, Bulog berpengalaman mengelola persoalan pangan di sektor hilir dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan. Karena itu, jika nanti menjadi Badan Pangan, Bulog hanya tinggal menambah para ahli di bidang hulu.

“Misalnya para profesor yang sudah menghasilkan banyak penelitian tentang pangan, pupuk, dan penganekaragaman pangan dilibatkan penuh,” papar Toha.

Toha pun menegaskan, saat ini mendesak untuk segera membentuk Badan pangan agar dinas-dinas pangan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota bisa segera terkonsolidasi

“Di Jawa Tengah misalnya, meskipun Badan Pangan nasional belum dibentuk, Pak Ganjar Pranowo, sebagai gubernur, sudah membentuk Dinas Pangan,” ucap Toha.

Anggota Komisi VI DPR ini juga menyampaikan, DPR sangat terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat terkait pembentukan Badan Pangan tersebut.

“Apakah nantinya DPR mengusulkan Bulog sebagai Badan Pangan? Kita terbuka untuk menerima saran dari stakeholder mengenai hal itu,” pungkas Politisi PKB itu.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close